Hanya Hari Ketiga di Bulan Ketiga

Hey you all!

So, I’ve been quite busy these two weeks since the second semester has just started. I never ever knew that Uni life would start to be this hectic that early. Bold on that, never.

Tapi sejujurnya aku tidak terlalu suka dengan penggunaan kata hectic di paragraf sebelumnya tadi, karena aku.. hanya sok sibuk, bukan benar-benar sibuk. Well, mungkin aku saja yang belum bisa mengatur waktu dengan baik. Ya, memang. Pengaturan waktu dan keuanganku masih sangat buruk, di semester kedua aku merantau ini. Payah.

Aku seorang announcer sekarang, di suatu program kebudayaan. Dan juga seorang produser program asmara. Iya, percaya tidak percaya. Seorang Zhinta, gitu. I am lack of self confidence, fyi. I couldn’t even speak in the class, to ask the lecturer, without hands are shaking, so is my voice. Really. Apalagi… menulis skrip tentang cinta-cintaan tiap minggunya. Bukan aku…. sekali. Maksudku, pengalamanku tentang dunia percintaan sangatlah minim. Aku terkadang masih tidak menyangka, sekaligus bangga pada diriku sendiri.

Kedua hal tersebut sedikit tidaknya membuat aku menjadi agak sok sibuk, setiap Senin aku selesai siaran pukul 21:00, dan hari Rabu mengawasi siaran sampai pukul 22:00. Sesampainya di kosan? Jangan tanya. Aku bisa langsung terkapar tak berdaya di kasur, di mana bisa dibayangkan seberapa berantakannya kamar kosanku. Tidak, lebih baik jangan dibayangkan. Karena aku menghabiskan 75% bahkan lebih waktuku di kampus, bahkan beberapa kali aku menginap entah di kampus, atau di kosan teman. Jadi, maafkan aku menduakan dirimu wahai kosanku tersayang.

Aku juga, tadinya, nekat mendaftarkan diri menjadi anggota pengurus HIMASAD (Himpunan Mahasiswa Sastra Djerman). Dan coba tebak dari sekian banyak departemen yang tersedia, pilihanku apa? Pendidikan. Aku sendiri sampai sekarang masih kaget dengan pilihanku. Tapi kenekatanku didukung dengan tekad yang cukup kuat untuk membawa perubahan kepada jurusanku tercinta agar menjadi lebih baik dari segi persaingan secara akademik.

Sepertinya sudah, itu saja. Ah, belum. Bagaimana dengan akademis? Bagaimana dengan rencanaku, setelah ditolak universitas sebelah, yang ingin menjadi mahasiswa kupu-kupu yang ambis (baca : ambisius) dengan nilai-nilai yang selalu luar biasa? Kurasa tidak. Aku sudah cukup nyaman dengan segala kesibukanku, yang walaupun terkadang aku harus merelakan (baca : bolos) beberapa mata kuliah, walau mata kuliah umum, demi memprioritaskan yang lain. Entah itu urusan di luar akademik, walaupun urusan yang berkaitan dengan tugas-tugas akademik itu sendiri.

Sedangkan hubunganku dengan sekitar sendiri, aku pikir masih cukup baik. Maksudku, dengan teman-teman sepermainanku. Aku sudah mulai bisa untuk membuka diri dengan orang-orang baru, yha dengan segala ke-awkward­-an yang kumiliki. Dan tampaknya, kerecehan yang disebabkan oleh humor di SEPENA (Komunitas Seniman Pengolah Kata), sudah mulai dirasakan juga oleh teman-temanku. Aku…. tidak tahu harus bahagia atau sedih, hahaha.

Ah, iya. Berbicara tentang SEPENA, aku… entahlah, aku merasa semakin nyaman dengan komunitas ini. Aku mendapatkan banyak ilmu, dari teman-teman yang lebih berpengalaman. Lalu, apa ya. Lingkar pertemananku menjadi semakin luas, dengan banyaknya anggota SEPENA yang berasal dari berbagai macam kota di seluruh Indonesia. Aku… senang!

Berbicara di luar itu semua, dan segala kejadian yang telah terjadi selama dua minggu terakhir. Aku ingin menceritakan tentang hari ini, tidak spesial, tapi cukup menarik perhatianku untuk diabadikan dalam tulisan.

Hari ini, seperti yang telah aku tegaskan sebelumnya, tidaklah spesial. Pagi tadi aku datang setengah jam sebelum kelas dimulai, padahal hari ini kuliah nyubuh, suatu keajaiban. Walau tetap saja aku terlambat masuk ke lab karena sarapan yang sengaja dilama-lamakan, hehe. Secara keseluruhan, kuliah hari ini hanya ada dua kelas. Hoerverstehen dan Strukturen und Wortschatz. Tidak ada yang spesial dari kedua mata kuliah tersebut, pada hari ini. Hanya saja, aku bahagia hari Kamis aku selesai kuliah (dan seharusnya bisa pulang) jam 11. Tetapi, hari ini ada jadwal rapat departemen Pendidikan HIMASAD, jadi aku tidak bisa pulang setelah selesai kelas. Lagipula, jikapun aku tidak memiliki jadwal rapat, dapat dipastikan aku akan nongkrong dulu di kampus dan kembali ke kosan paling tidak sore.

Rapat yang membahas proker selama satu periode kepengurusan tersebut berlangsung tidak lama, hanya sekitar satu jam lewat sedikit. Dan, aku bisa pulang. Tadinya aku berencana untuk pulang dengan seorang teman yang berkata akan menungguku selesai rapat, tetapi karena suatu kesalahpahaman, aku pulang sendirian ke kosan. Berjalan kaki. Entah kenapa aku merasa bahagia.

Alasannya, entahlah. Aku senang aku mendapatkan sedikit waktu untuk sendirian, hanya aku bersama aku. Hal yang beberapa waktu kemarin sangat jarang aku dapatkan. Selama perjalanan aku merasa bahagia, entah, aku merasakan kenyamanan dan kepercayaan diri entah bagaimana caranya muncul ke permukaan. Aku tidak bisa berhenti tersenyum, pada siapapun.

Dan sekarang, aku mendapatkan sedikit waktu setidaknya untuk menuliskannya. Hanya aku. Sejujurnya itulah yang aku butuhkan, setelah segala yang terjadi belakangan ini. Aku lelah. Lelah harus bertemu orang-orang, yang hal tersebut menguras tenagaku sebegitunya, dan aku tidak memiliki waktu yang cukup untuk diriku sendiri. Memuaskan egoku, untuk ada hanya untukku. Sepanjang perjalanan kembali tadi, aku mendapatkannya walau sebentar, dan sekarang pun. Walau nanti, dalam beberapa jam lagi aku harus kembali ke kampus karena ada acara malam puncak acara angkatan se-FIB.

Yang terpenting adalah hari ini, saat ini, aku bisa berbahagia dengan caraku sendiri, dan hanya aku yang mengetahuinya.

 

Jatinangor, 3 Maret 2016

14:05

Leave a Reply

